Profil Narasumber
Nama
: Imam Syafi’i
Jabatan :
Pimpinan Cabang
Lama Bekerja : 1 tahun di cabang kota Malang, 2
tahun di Sumenep
Tugas
: Merencanakan program
hari ini dan mengevaluasi program yang sudah terlaksana hari ini.
Sejarah berdirinya pegadaian
Pada masa pemerintahan belanda (VOC) mendirikan Bank Van
Leening yaitu lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai,
lembaga ini didirikan di Batavia pada tanggal 20 Agustus 1746. Akan tetapi pada
tahun 1811-1816 Inggris mengambil kekuasaan indonesia dari tangan Belanda
yang mengakibatkan Bank Van Leening ini dibubarkan. Namun pemerintah Hindia
Belanda mengambil alih kembali kekuasaannya dan mengeluarkan Staasblad No 131
tanggal 12 Maret 1901 yang mengatur bahwa penggadaian merupakan monopoli
pemerintah. Dan tanggal 1 April 19901 didirikan pegadaian negara pertama di
Sukabumi, Jawa Barat. Selanjutnya setiap tanggal 1 April diperingati sebagai
hari ulang tahun pegadaian.
Profil Perusahaan
Gedung Perum Pegadaian cabang Blimbing resmi didirikan
pada tanggal 11 April 1994. Pusat Pegadaian ini terletak di Jakarta dan sudah
memiliki 6 cabang di daerah Malang (Malang Kota, Blimbing, KotaLama, Telogomas,
Rampal, dan Landungsari).
Visi Misi Perusahaan
Visi
Sebagai solusi bisinis terpadu terutama berbasis gadai
yang selalu menjadi market leader dan mikro berbasis fidusia
selalu menjadi yang terbaik untuk masyarakat menengah kebawah.
Misi
Memberikan pembiayaan yang tercepat, termudah, aman dan
selalu memberikan pembinaan terhadap usaha golongan menengah kebawah untuk
mendorong pertumbuhan ekonomi. Memastikan pemerataan pelayanan dan
infrastruktur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan di seluruh
Pegadaian dalam mempersiapkan diri menjadi pemain regional dan tetap menjadi
pilihan utama masyarakat. Membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan
masyarakat golongan menengah kebawah dan melaksanakan usaha lain dalam rangka
optimalisasi sumber daya perusahaan.
Struktur Organisasi / Diagram Organisasi
Personalia
Sistem perekrutan dalam perusahaan : Perekrutan langsung
pada kantor pusat di Jakarta, dan untuk Training sesuai dengan wilayah pelamar
kerja.
Pegadaian juga mengadakan produk sahabat untuk merekrut
teman karyawan, misal jika karyawan mengajak teman untuk bekerja di pegadaian
maka karyawan tersebut akan diberikan hadiah, dan untuk mengetahui karyawan
yang mengajak teman untuk bekerja maka akan di cek pada website yang telah
disediakan oleh pegadaian.
Keuangan
Sistem Pembayaran
Perusahaan jasa ini memberikan jangka waktu atau jatuh
tempo selama 30 hari akan tetapi jika nasabah membayar cicilan 5 hari awal
sebelum jatuh tempo maka nasabah akan di berikan bebas bunga
Sistem Keuangan
Pada kantor cabang ini hanya membuat laporan keuangan
yang akan disetorkan kepada kantor pusat.
Produk Jasa
1. Produk
Jasa Gadai
2. Vidusia
3. Pembiayaan
dan Payment
4. Investasi
5. Tabungan
Emas Batangan
Promosi
1. Advertising
: Yang Dikoordinir oleh kantor pusat berupa Koran, periklanan Tv Nasional,
Koran wilayah, dsb.
2. Personal
Selling : mencari nasabah untuk investasi, membuka tabungan, dsb
Service
Perusahaan ini memiliki SOP untuk melayani masyarakat,
seperti :
Nasabah ke loket penaksir membawa barang jaminan à Penaksir
menentukan pinjamanà Nasabah kekasir membawa surat dari
penaksir à Kasir mengeluarkan surat untuk
mencairkan dana. Dan cairnya pendanaan ini ± 15 menit. Sedangkan vitro
membutuhkan waktu 1-3 hari karena membutuhkan survey dan melihat perkembangan
usaha yang dimiliki nasabah.
Jaminan :
Untuk BPKB min 10 – 15 tahun. Jaminan BPKB ini khusus
untuk nasabah yang memiliki usaha, sedangkan untuk nasabah yang tidak memiliki
usaha maka sebagai jaminan adalah mobil dan juga surat surat lengkap dari mobil
tersebut. Beda dengan perhiasan, kamera, laptop, dll. Bunga di pegadaian ini
sesuai permintaan masyarkat untuk kalangan mikro paling lama pengkreditan 1
tahun sedangkan Flexi hanya 15 hari.
Keterlambatan pembayaran :
Apabila nasabah terlambat membayar atau sudah melebihi
batas jatuh tempo maka perusahaan akan memberi teguran melalui telp / sms, jika
sudah mendapat teguran melalui telp / sms tidak dihiraukan maka perusahaan
mengirim surat kepada nasabah untuk menyetujui atau tidak barang jaminan untuk
di lelang. Apabila nasabah tidak menyetuji maka akan diberi batas waktu untuk
segera membayar cicilan, namun jika nasabah setuju maka barang jaminan akan di
lelang dan jika harga dari pelelangan barang melibihi dana pinjaman maka
sisanya akan dikembalikan kepada nasabah yang bersangkutan.
Penyimpanan :
Untuk penyimpanan barang jaminan sudah disimpan pada
tempat tertentu yang hanya diketahui oleh pihak pegadaian, dan barang jaminan
ini akan diasuransikan.
Price :
Min transaksi sebesar Rp 50.000,-
Segmentasi Pasar
1. Geografis
Yang menggadaikan atau yang menabung bukan hanya nasabah
dari kota melainkan bisa dari kabupaten.
2. Demografis
Untuk menggadaikan barang pastinya pihak pegadaian
melihat pendapatan dari nasabah karena menjadi tolak ukur untuk membayar
jaminan yang telah diberikan. Bahkan nasabah yang memiliki usaha dan
menggadaikan BPKBjuga disurvey usahanya.
3. Psikologis
Pegadaian ini untuk kesemua kalangan. Seperti gadai bisa
pada kalangan menengah, dan untuk tabungan emas batangan, investasi bisa pada
kalangan menengah ke atas.
People
Seragam :
Personalia yang dibawah direksi , vorlaner, HRD / Manajer
kantor wilayah memakai seragam yang sama
Jam Kerja :
Personalia : 7 pagi – 3 sore
Satpam dibagi menjadi 3 shift :
1. Shift
pagi : 7 pagi – 3 sore
2. Shift
sore : 3 sore – 11 malam
3. Shift
Malam : 11 malam – 7 pagi
Libur :
Personalia :
setiap tanggal merah libur
Satpam
: Liburnya Flexibel
Kepuasan Pelanggan
Untuk mengukur kepuasan pelanggan pegadaian memiliki Call
Center
Tidak ada komentar:
Posting Komentar